Jumat, 13 April 2012

Rangkaian Peka Cahaya







RANGKAIAN PEKA CAHAYA

Rangkaian peka cahaya / rangkaian saklar lampu otomatis adalah tulisan pertama saya jadi mohon bimbingan dari agan agan semua. Sebenarnya rangkaian ini adalah proyek tugas saya di kelas X dari pelajaran “ Maintenence Repair” yang saya ambil dari mbah google.


Gambar Rangkaian:




Rangkaian ini menggunakan sensor optik yaitu LDR(Light Dependent Resistor) yang memanfaatkan intensitas cahaya. LDR berfungsi mengubah intensitas cahaya menjadi tahanan listrik (resistansi) pada rangkaian elektronika.

Gambar LDR:




Apabila intensitas cahaya semakin terang maka resistansi yang dihasilkan semakin kecil. Sedangkan apabila intensitas cahaya semakin gelap maka resistansi yang dihasilkan LDR semakin besar.

Nah itu tadi penjelasan sedikit mengenai sensor yang digunakan dalam rangkaian ini yaitu LDR. Selanjutnya akan saya bahas sistem kerja dari rangkaian peka cahaya ini.


Rangkaian ini menggunakan supply berupa baterai 9v dan AC 220V yang disambungkan ke lampu. Pada cahaya terang resistansi yang dihasilkan LDR akan kecil sedangkan saat cahaya gelap resistansi yang dihasilkan LDR meningkat hingga beberapa ratus ohm. IC op-amp uA 741 adalah pembanding yang digunakan disini. Saat resistansi meningkat di cahaya gelap tegangan pada masukan inverting dari IC1 akan kurang dari tegangan referensi pada masukan non inverting. Output dari IC1 menuju ke saturasi positif dan transistor akan ON sehingga mengaktifkan relay. Aplikasi dari rangkaian peka cahaya ini adalah lampu otomatis di jalan saat malam hari.

Itu pembahasan singkat mengenai rangkaian ini. Tips dari saya dalam membuat rangkaian ini yaitu saat proses pengetesan rangkaian yang kita buat sebaiknya jangan di hubungkan dahulu kabel AC ke stopkontak, gunakan saja supply baterai 9v. Kemudian tutup LDR menggunakan kertas apabila saat LDR ditutup bunyi “tek” dari relay maka rangkaian yang agan buat sudah benar dan langsung aja di pasang kabel AC nya. Namun apabila saat LDR di tutup relay tidak kerja maka periksa lagi rangkaian agan atau kalibrasi-lah VR1 hingga relay kerja. Nah sekian tips dari saya dibawah saya buatkan tata letak, layout PCBnya.


SELAMAT MENCOBA.



Gambar1:





Tata Letak:





Layout:


NB: Layout belum saya miror.


My job: 




For video:






5 komentar: